mau dapetin informasi tentang dunia kesehatan, makanan yang bergizi disini tempatnya,,,,!!!!

Ikat Tenun Troso Jepara.com.id



Ikat Tenun Khas Jepara
Salam sejastra saya sampaikan kepada sahabat-sahabat semua,disini saya akan berbagi kepada temen-temen, berbagi informasi sesuatu yang unik, dan menjadi salah satu ikon di kota jepara,tentang tenun jepara.
tenun yang dihasilkan oleh masyarakat jepara, desa troso, merupakan hasil dari kerajian tenun tradisional yang di tenun dengan alat-alat manual, keaslianya terjamin, hasil kerajinan ini merupakan produk-produk ungulan, anda bisa melihat dan mendapatkan informasi  seputar tenun dari beberapa media ,salah satunya adalah internet, anda tingal entry kata tenun troso maka akan muncul berbagi jenis hasil dari tenun troso.


ada beberapa tehnik yang digunakan dalam merajut kain tenun troso, sehingga bisa menjadi lembaran-lembaran kain nan indah dan memikat setiap mata yang melihatnya, yang pertama damam menenun dengan mengunakan  tehnik songket, yaitu merajut benang tanpa menggunakan  alat bantu sedikitpun cukup dengan tangan dan sebatang tongkat atau kawat untuk menggabungkanya dan untuk menemukan dari satu titik ketitik yang lain.
tehnik ini cenderung lebih sulit deibandingkan dengan tehnik yang lainya, dan membutuhkan waktu yang sangat lama dalm menghasilkan satu meter kain tenenunan,tehnik ini terbilang masih sangat teradisional dan jarang dilakukan oleh sebagian penenun yang ada di jepara. biasanya  barang yang dihasilkan  harganya jauh lebih mahal kisaran 500 hingga jutaan.
tehnik yang kedua adalah dengan menggunakat alat bantu tenun , yaitu dengan menggunakan alat yang terbuat dari kayu yang sudah dirancang sedemikian rupa  diman digunakan agar alat ini bisa menghasilkan tenun yang lebih banyak, dan dapat mempercepat proses produksi.

barang yang dihasilkan dari alat ini tidak jauh berbeda dengan cara menenun dengan menggunakan tehnik songket, bila dibandingkan hasil yang didapat antara mengunakan alat tenun dan dengan mengunakan tehnik songket,, kira-kira 1 :9 .















Description: Ikat Tenun Troso Jepara.com.id Rating: 4.5 Reviewer: fauzulonline ItemReviewed: Ikat Tenun Troso Jepara.com.id
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Rabu, Juni 05, 2013

0 komentar

Posting Komentar