mau dapetin informasi tentang dunia kesehatan, makanan yang bergizi disini tempatnya,,,,!!!!

Makalah IAD.


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Dalam sebuah ekosistem tidak terlepas antara kehidupan  sesama makhluk dan alam, baik biotik maupun abiotik.Ekosistem adalah satuan kehidupan yang terdiri dari berbagai jenis yang saling berinteraksi,antara sesama mahluk hidup. Hubungan antara sesama mahluk hidup mempunyai manfaat dan kebaikan dengan criteria agama sebagai landasan ilmu.Untuk menjaga kelangsungan hidup suatu ekosistem mempunyai stabilitas tertentu. Makin besar keanekaragaman ekosistem semakin besar stabilitasnya. Sehubungan sifat sumber daya alam hendaknya manusia bijaksan dalam penggunaanya karana persediaan terbatas sedangkan kebutuhan manusia yang terus bertambah dan walaupun sumber daya alam biotic dapat diperbarui kita tidak boleh mengunakan secara semena mena,sebab apabila satu jenis(speciesnya)hewan atau tumbuhan lenyap dari permukaan bumi maka jenis tersebut tidak akan muncul dikemudian hari.
.











BAB II

PEMBAHASAN

A.    Manusia dan Lingkungan Hidupnya

Keberadaan alam dan seluruh benda-benda yang terkandung didalamnya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan . Kelangsungan hidupdari setiap unsur kekuatan alam terkait dengan keberadaan hidup kekuatan lain,dalam ilmu sains disebut ekosistem yaitu satuan kehidupan yang terdiri atas suatu komunitas makhluk hidup (dari berbagai jenis) dengan berbagai interaksi membentuk suatu sistem.

Komunikasi atau hubungan antara satu makluk hidup serta lingkunganya memiliki nilai –nilai ibadah apabila ditujukan pada suatu perbuatan yang mengandung kebaikan dan kemanfaatanya dengan criteria agama sebagai landasan sentralnya.ilmu tentang lingkungan menganggap seluruh makhluk hidup sesui dengan habitatnya adalah mempunyai peranan dan kegunaan masing-masing yang berkepentingan dalam kehidupan .begitupun keberadaan manusia bagi kehidupan lainya merupakan dinamika yang memberikan corak dalam lingkungan kehidupan manusia.

Kehidupan yang mempunyai makna sebenarnya merupakan kehidupan yang memiliki kemanfaatan dan dalam proses berlangsunya hidup dijagad raya ini,setiap makhluk hidup adalah kekuatan yang membangkitkan yang disebut energy. Keberadaan matahari sebagai sumber energy yang dibutuhkan semua makhluk. Tumbuhan membutuhkan sinar matahari dalam proses fotosintesis sebagai upaya mematangkan makanan yang dibutuhkan dan batang pepohonan mampu mengatasi banjir yang akan membahayakan makhluk hidup yang lain :hewan tumbuhan  termasuk manusia dan pada pokoknya setiap energy yang ada pada makhluk hidup saling dibutuhkan dan tergantung satu dengan yang lain.

B.    Lingkungan Hidup Yang Diharapkan Manusia

Untuk menjaga kelangsungan hidup suatu ekosistem mempunyai stabilitas tertentu. Makin besar keanekaragaman ekosistem semakin besar stabilitasnya,misalnya hutan tropis yang terdiri banyak sekali aneka ragam tumbuhan atau hewan walaupun tanpa perawatan tetap akan melangsungkan hidupnya.sebaliknya suatu ladang atau sawah yang terdiri dari beberapa macam tumbuhan akan mempunyai stabilitas yang kecil. Lingkungan hidup dapat memenuhi syarat kehidupan para penghuninya bila situasi dan kondisi lingkungan hidup dapat dengan kebutuhan minimal para penghuninya.

Untuk menyediakan lingkungan hidup yang memadai kebutuhan hidup perlu ada perencanaan.misalnya adanya taman-taman kota untuk menanggulangi pencemaran udara dikota,yang termasuk ukuran makro.sedangkan contoh dalam ukuran mikro taman mini dihalaman rumah yang diatur serasi yang dapat menggambarkan nilai estetika tersendiri.

a.    Macam Sumber Daya Alam

•    Sumber daya alam biotic yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui yang meliputi hewan liar maupun peliharaan dan tumbuhan lainya.yang mempunyai sifat dapat memperbanyak diri (renewable resources).
•    Sumber daya alam abiotik yaitu sumber daya ala
m yang tidak mempunyai kemampuan memperbanyak diri (nonrawable resources) yang meliputi minyak bumi,barang tambang atau mineral seperti batu bara,tembaga,nikel ,dan lain lain.
Sehubungan sifat sumber daya alam tersebut hendaknya manusia bijaksan dalam penggunaanya karana persediaan terbatas sedangkan kebutuhan manusia yang terus bertambah dan walaupun sumber daya alam biotic dapat diperbarui kita tidak boleh mengunakan secara semena mena,sebab apabila satu jenis(speciesnya)hewan atau tumbuhan lenyap dari permukaan bumi maka jenis tersebut tidak akan muncul dikemudian hari.
b.    Pelestarian Lingkungan

Istilah lingkungan yang lestari dalam lingkungan hidup menunjukkan suatu lingkungan hidup menunjukkan suatu sifat lingkungan secara kodrati. Artinya lingkungan itu tetap pada eksistensinya dan lingkungan tetap berinteraksi sesuai dengan fungsi lingkungan semata mata.karena lingkungan hidup itu pada awalnya memiliki manfaat bagi seluruh makhluk yang ada dalam system lingkungan itu,dan seharusnya tetap terjaga sesuai dengan keberadaanya. Pelestarian lingkungan dapat diartikan sebagai upaya menjadikan lingkungan itu tetap pada posisinya sebagai unsur-unsur yang saling terkait satu dengan yang lainya dalam ekosistem.”pengertian pelestarian mengandung makna tercapainya kemampuan lingkungan yang serasi dan seimban ag,dan peningkatan kemampuan tersebut”
c.    Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Lingkungan

Keterlibatan manusia pada lingkungan  pada dasarnya menimbulkan dua akibat yaitu perubahan yang cenderung dapat dikatagorikan perubahan yang baik membawa dampak kenaikan kualitas lingkungan,sedangkan perubahan  msebagai factor penyebab kerusakan lingkungan secara makro.
1)    Masalah kemiskinan
Kemiskinan pada hakikatnya meruppakan taraf hidup manusia yang paling rendah yang melandas sebagian dunia . kemiskinan erat hubungannya dengan masalah ekonomi sebab kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kemiskinan yang demikian di sebut kemiskinan absolute .adanya kemiskinan yang melanda masyarakat cenderung mendorong masyakat mengambil jalan pintas utuk bebas dari kemiskinan .misalnya memanfaatkanya sebagai kayu bakar dan kebutuhan rumah tangga sikap yang demikian di lakukan mengakibatkan terjadi penggundulan hutan maka terjadi banjir dan erosi di mana-mana . begitu pula perburuhan hewan di jadikan bahan pangan dan di perjual belikan yang mengakibatkan punahnya satwa yang mendiami hutan.

2)    Keterbelakangan
Menurut danyl paul evans.  Ada tiga elemen pokok suatu masyarakat atau seseorang disebut secara mental ketinggalan atau keterbelakangan.yang pertama berpendidikan rendah,kedua minimum informasi dan ketiga tidak mampu berfikir dengan baik.masyarakat terbelakang cenderung mencari nafkah dengan mememfaatkan lingkungan sebagi mata pencarianya,misalnya beerburu,bertani atau menebang pohon/hutan.perburuan merekaseluruh satwa(fauna) yang ada dilingkunganya dan yang penting hewan itu dapat memenuhi kebutuhan hidupya,sedangkan pertanian yang mereka lakukan dilakukan dengan berpindah-pindah yang selalu atas dasar bisa atau tidaknya tanah itu ditanami,jika tanah itu tandus maka spontan dibuka lading baru,begitu juga pemanfaatan hutan sebagai upaya menghidupkan keluargadan keseharian meereka.akibat terjadi sifat primitive tersebut mngganggu eksistensi lingkungandan sering membawaakibat terjadi kekejaman dan kesalahpahaman tentag pertanian:pengairan, kadangkala mengakibatkan saling membunuh.
3)    Kepadatan penduduk
Pertambahan penduduk mengakibatkan terjadinya perubahan habitat lingkungan hidup baik fisik , biologi maupun social budaya.begitu banyak dampak yang diakibatkan oleh kepadatan penduduk dalam masalah lingkungan fisik misalnya perumahan yang luas dibagunya tembok-tembok yang kokoh  menggeser pepohonan yang tumbuh ridang dan mengakibatkan kegersangan yang berkepanjangan.menjadi terasingnya keberadaaan lingkungan alami bahkan kelangsunganya bisa terancam.

4)    Perkembangan teknologi
Penerapan teknologi terhadap lingkungan hidup berarti berupaya mengelola lingkungan agar lebih berdaya guna bagi kehidupan manusia dengan lingkunganya.dengan teknologi canggih batu pualam dan batu tambang lainya dapat diolah dan membawa kenikmatan bagi manusia.begitu pula terhadap adanya pengolahan air dengan proses kimia dengan hasil yang dapat dikonsumsikan oleh masyarakat.teknologi yang membawa bencana merupakan akibat aanya penyalahgunaan teknologi kearah sasaran dari diciptakan teknologi adanya bom nuklir merupakan hasil teknologi yang membawa dampak kehancuran terhadap eksistensi manusia.keberadaan mesin-mesin industry dibeberapa  yang membawa ekses lahirnya limbah industry yang terus mengencam keberadaan lingkunganya.dismping itu lahirnya sarana transportasi mendorong terjadinya polusi karena asap dari berbagai jenis kendaraan bermontor.Akhirnya sesak nafas,bronchitis dan batukrejan akibat tercemarnya udara oleh cerobong pabrik yang berada dilingkungan manusia.
d.     Peranan Manusia Terhadap Lingkungan

Manusia Sebagai Organisme yang Dominan Secara Egologik.
Organisme dikatakan dominnan secara ekolagi jika:
1.    Manusia dapat berkompetensi sacara lebih baik untuk memenuhi kebutuhn hidupnya terutama dalam hal makanan jika ibandingkan makhluk lain dalam suatu ekosistem, dan
2.    Manusia mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap lingkungan hidaupnya,atau terhadap organism yang lain.
Manusia merupakan makluk dominan sacara ekologik karena sifat-sifat anatomi serta mentalnya , sifat-sifat itulah yang menyebabkan manusia dapat berkompetensi dan  berhasil dengan baik mendapatkan apa yang dibutuhkan.manusia menempati tingkat tropic tertinggi dalam ekosistem dan ia pun tidak mempunyai predator.namun manusia mampu mengeksploitasi tingkat-tingkat tropic lainya bahkan seluruh ekosistem untuk memenuhi kebutuhanya.
3.    Manusia sebagai makluk pembuat alat

Manusia juga merupakan organism yang membudidayakan makananaya perubahan cara hidup dari pengumpulan makanan jadi penanaman serta pemetik hasil tanaman  serta pemetik hasil tanaman marupakan  suatu pencapaian yang mempunyai dampak ekologi yang luas.Alat-alat pertanian yang berkembang dari tingkat penanaman menjadi mesin-mesin modern yang apt mengolah tanah lebih luas.Dengan demikian terbentuklah ekosistem buatan manusia.selain itu makanan yang cukup mengakibatkan populasi manusia meningkat dengan segala akibat yang berarti.
4.    Manusia sebagai makluk perampok

Manusia mengeksploitasi ekosistem untuk keperluan yang tidak konsumtif misalnya untuk kepercayaan misalnya hewan untuk olah raga, untuk piaraan dirumah , untuk prestos social . manusia juga menjadikan tumbuh-tumbuhan untuk estetika ,seperti bunga-bunga dan hiasan.
5.    Manusia sebagai peenyebab  evolusi

Evolusi alamiah berlangsung sangat lambat ,tetapi perusakan alam  oleh manusia baik yang disengaja maupun tidak telah mempercepat evolusi organic.akibatnya organism yang sudah sangat kurang sampai batas sukar untuk dipulihkan kembali.manusia mengubah habitat alamiah .Luas areal pengubahan hanya hanya terdapat disekitar tempat tinggal ,lama kelamaan terciptalah kota atau hutan pengganggu yang bisa bertahan misalnya nyamuk dan lalat.
6.    Manusia sebagai makluk pengotor
Manusia merupakan satu-satunya makluk pengotir lingkunga-nya.hewan membuang kotoran berupa faces yang dapat diuraikan untuk daur ulang karena terdiri dari bahan organic,selain fecces manusia jugamembuang kotoran barang sintetik dan juga racun yang penguraianya lambat sekali, yang akan mencemari lingkungan ,bahan buangan padat ada yang dapat dihancurkan secara biologis seperti makanan sisa, yang tidak dapat dihancurkan secara biologis seperti  kertas,besi,gelas dan plastic. Bahan gas salah satunya berupa polusi udara,,cair pencemaran sungai dan lain lain.

Adapun bahaya polusi diantaranya polusi udara karbon monoksida yang dikeluarkan kendaran bermotor menyebabkan pekerjaan sel darah merah (hemoglobin ) terganggu, alam air masukknya pollutant kesistem perairan yang antara lain deterjen, asam belerang dapat membiasakan mikro organism yang mempunyai peranan penting dalam siklus ekosistem,begitu pula pemakaian prestisida yang berlebihan dalam pertanian yang berakibat mengurangi kebutuhan tanah.
e.    Sikap Seorang Muslim Terhada
p Lingkungan Hidup
Keserasian ligkungan sangat tergantung kepada kebersamaan seluruh anggota populasi dalam linnngkungan hidup.manusia sebagai kholifah oleh karena itu manusia mempunyai misi melaksanakan misi Allah untuk tetap menjaga keberadaan lingkungan agar bermanfaat bagi kehidupan sebab hakikinya bermanfaat bagi dirinya maupunlingkunganya sesuai dengan diciptakanya Ala m ini oleh Allah .  untuk mewujudkan misi tersebut harus memiliki sifat positif diantaranya
1.    Sikap Apresitif

        Sikap menghargi keberadaan lingkungan hidup ,artinya seorang muslim harus berusaha mengetahui apa guna dari adanya lingkungan hidup tersbut maka tumbuh persaan lingkungan hidup bagi lingkungan hidup dan makluk lainya.
2.    Sikap Kreatif

Sebagai langkah menjadikan lingkungan hidup ini  selalu berada alam keutuhan baik diri,kepentingan maupun tujuan ,wujudnya adalah menciptakan lingkungan itu tetap serasi,tumbuh dan berkembang serta dapat dirasakan kemanfaatanya bagi umat manusia .salah satu contohnya melakukan konservasi sumber alam yang meliputi konservasi tanah ,air ,hutan dan margasatwa dengan upaya upaya masing-masing.
3.    Sikap Produktif
Sikap produktif bagi seorang muslim harus berangkat dari prinsip kemaslahatan umat .membuat suatu produsi didasarkan atas kepentingan umum dan tidak menghabiskan bahan mentah yang berasal dari alam untuk kelanhsungan hidup generasi selan jutnya.
4.    Sikap Proaktif
Termasuk penjabaran dari ayat 77 surat Al-Qashas yang intinya manusia muslim jangan sam pai berbuat kerusakan dimuka bumi sebab akibatnya tidak hanya dirasakan oleh manusia tetapi menjangkau seluruh populasi dalam  ekosistem ,sikap proaktif pada dasarnya sikap pembangunan lingkungan selaras ,serasi dengan lingkungan hidup,sebab lingkungan hidup itu  keterkaitan dengan kebutuhan  dan kepentingan.
Dengan mempunyai sifat-sifat positif tersebut dapat menunjang  kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan tercipta kehidupan yang harmonis antar sesama makluk baik biotic maupun abiotik dalam susunan ekosistem.

Perkembagan IPA Menjadi Berbagai Disiplin Ilmu

1.    Perkembangan IPA

Untuk menjelaskan fenomena alam, maka perlu dilakukan pengamatan atau penelitian yang terus-menerus. Suatu penelitian tentu diperlukan landasan pengamatan atau teori yang sudah ada. Landasan atau strata ilmu dapat dibagi atas tiga, yaitu:
a. Hipotesis

Merupakan strata ilmu yang paling rendah, berupa dugaan atau prediksi yang diambil berdasarkan pengetahuan atau teori yang sudah ada untuk menjawab penelitian yang sedang dilakukan.
 b. Teori
Merupakan strata ilmu yang lebih tinggi dari hipotesis, berupa landasan ilmu yang telah teruji kebenarannya, namun teori masih mungkin untuk dikoreksi dengan teori baru yang lebih tepat.

    c. Hukum dan dalil
Merupakan strata ilmu yang paling tinggi, berupa teori yang telah diuji terus-menerus dan diketahui tidak ditemukan adanya kesalahan.Ilmu pengetahuan akan terus berkembang sejalan dengan sifat manusia yang tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dipunyai atau diketahuinya. Berdasarkan hal tersebut, maka ilmu pengetahuan merupakan siklus ilmu dengan penelitian sebagai intinya yang tidak pernah terputus. Bahkan ia akan semakin membesar dan meluas.

1.    Perkembangan IPA Klasik dan Modern
Penggolongan IPA menjadi “klasik” dan “modern” sama sekali bukan berkaitan dengan waktu maupun klasifikasi bidang ilmu. Penggolongan ini lebih mengacu kepada konsepsi, yaitu cara berpikir, cara memandang, dan cara menganalisis suatu fenomena alam.
IPA klasik yang telaahannya mengikuti kaidah ilmu tradisional berdasarkan pengalaman, kebiasaan, dan bersifat makroskopik. Sedangkan IPA modern yang bersifat mikroskopik, muncul  berdasarkan  penelitian  maupun pengujian dan telah diadakan pembaharuan yang dikaitkan dengan berbagai disiplin ilmu yang ada.

2. Ruang Lingkup IPA dan Pengembangannya
     A. Klasifikasi IPA
Ilmu pengetahuan alam dapat dibagi menjadi tiga bidang utama yaitu:
A.    Ilmu Sosial dan Budaya; membahas hubungan antar manusia sebagai makhluk sosial, yang selanjutnya dibagi atas:

1.    Psikologi, mempelajari proses mental dan tingkah laku.
2.    Pendidikan, proses latihan yang terarah dan sistematika menuju ke suatu tujuan.
3.    Antropologi, mempelajari asal usul dan perkembangan jasmani, sosial, kebudayaan dan tingkah laku sosial.
4.    Etnologi, cabang dari studi antropologi yang dilihat dari aspek sistem sosio-ekonomi dan pewarisan kebudayaan terutama keaslian budaya.
5.    Sejarah,  pencatatan peristiwa-peristiwa  yang telah terjadi pada suatu bangsa, negara atau individu.
6.    Ekonomi, yang berhubungan dengan produksi, tukar menukar barang produksi,  pengolahan dalam lingkup rumah tangga, negara atau perusahaan.
7.    Sosiologi, studi tentang tingkah laku sosial, terutama tentang asal usul organisasi, institusi, perkembangan masyarakat.
B. Ilmu Pengetahuan Alam Membahas Alam Semesta
Ipa yang membahas tentang alam semesta dengan semua isinya dan selanjutnya terbagi atas:
    a. Fisika, mempelajari benda tak hidup dari aspek wujud dengan perubahan yang bersifat sementara. Seperti : bunyi cahaya, gelombang magnet, teknik kelistrikan, teknik nuklir
    b. Kimia, mempelajari benda hidup dan tak hidup dari aspek sususan materi dan perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis besar dibagi kimia organik (protein, lemak) dan kimia anorganik (NaCl), hasil dari ilmu ini dapat diciptakan seperti plastik, bahan peledak
    c. Biologi, yang mempelajari makhluk hidup dan gejala-gejalanya.
•    Botani, ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan
•    Zoologi ilmu yang mempelajrai tentang hewan
•    Morfologi ilmu yang mempelajari tentang struktur luar makhluk hidup
•    Anatomi suatu studi tentang struktur dalam  atau bentuk dalam mahkhluk hidup
•    Fisiologi studi tentang fungsi atau faal/organ bagian tubuh  makhluk hidup
•    Sitologi ilmu yang mempelajari tentang sel secara mendalam
•    Histologi studi tentang jaringan tubuh atau organ makhluk hidup yang merupakan serentetan sel sejenis
•    Palaentologi studi tentang makhluk hidup masa lalu

C. Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa
Studi tentang bumi sebagai salah satu anggota tatasurya, dan ruang angkasa dengan benda angkasa lainnya.
   a. Geologi, yang membahas tentang struktur bumi. (yang ilmu ini  petrologi (batu-batuan), vukanologi (gempa bumi), bahasannya meliputi dari ilmu kimia dan fisika) contoh dari mineralogi (bahan-bahan mineral)
   b.  Astronomi, membahas benda-benda ruang angkasa dalam alam semesta yang meliputi bintang, planet, satelit da lain-lainnya. Manfaatnya dapat digunakan dalam navigasi, kalender dan waktu
 2. Pemfokusan dan pembentukan multi disiplin ilmu
 a. Pemfokusan Ilmu
Dengan pengembangan ilmu yang begitu cepatnya, terutama mulai awal abad ke-20 menyebabkan klasifikasi ilmu berkembang kea rah disiplin ilmu yang lebih spesifik. Sebagai contoh, dalam disiplin fisika telah terjadi pemfokusan menjadi berbagai subdisiplin fisika, antara lain bunyi dan getaran, magnet, listrik, optik, mekanika, dan fisika modern.
Selanjutnya, subdisiplin ilmu tersebut berkembang menjadi spesialisasi tertentu. Sehingga tidak memungkinkan lagi seseorang dapat menguasai beberapa atau bahkan satu bidang ilmu tertentu dengan sempurna.. untuk dapat menguasai ilmu dengan baik, maka seorang ahli akan lebih memfokuskan atau menspesialisasikan dirinya dalam salah satu focus disiplin ilmu tertentu.
f.    Multidisiplin dan Interdisiplin Ilmu
Multidisiplin ilmu merupakan ilmu pengetahuan yang cakupan pembahasannya menggunakan lebih dari satu kelompok disiplin ilmu, misal kelompok IPA dan IPS. Contoh multidisiplin ilmu adalah lingkungan, yang dapat mengolaborasikan ilmu IPA dan IPS.
Sedangkan Interdisiplin ilmu merupakan ilmu pengetahuan yang cakupan pembahasannya menggunakan satu kelompok disiplin ilmu saja. Contoh interdisiplin ilmu adalah ilmu computer yang dikembangkan dari disiplin IPA.
Perkembangan interdisiplin IPA pun cukup banyak dan berkembang sangat pesat. Sehingga perkembangan tersebut sangat mempengaruhi pola pandang dan kehidupan sosial saat ini. Oleh karena itu, suatu ilmu yang dikembangkan berdasarkan interdisiplin ilmu tetapi karena dampak sosial perlu diperhitungkan, sehingga pembahasannya berubah menjadi multidisiplin ilmu.


KIMIA DAN PERKEMBANGANNYA
1)    Perkembangan Ilmu Kimia
Masyarakat primitive tak bisa mengatasi kekuatan-kekuatan alam yang membawa bencana seperti wabah penyakit,gempa,banjir,dan sebagainya, sehingga sesuatu yang menurut perkiraan penyebabnya di puja dengan harapan jangan sampai bencana itu terulang.
Pada abad pertengahan, sikap  yang demikian itu beralih kepada mistik.Para ahli kimia dalam hal ini juga beranggapan bahwa dengan kekuatan gaib sepert tembaga misalnya dapat diubah menjadi emas.Sesuatu penemuan pada zaman itu umumnya dia bisa diterima pada generasi berikutnya sehingga pengetahuan yang mereka peroleh tidak memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu kimia.
Baru pada akhir abad ke-17 ilmu kimia berkembang sebagai suatu pengetahuan setelah seorang Antoine lauzent Lavoisier lewat metode yang kini dikenal sebagai:“Metode ilmiah yakni metode dengan pengamatan-pengamatan, menghubungkan kenyataan-kenyataan,mengemukakan perkiraan, menguji perkiraan dengan percobaan selanjutnya dan akhirnya menarik kesimpulan. Dengan hal ini Lavoisier melakukan penyelidikan secara kuantitatif pembakaran zat-zat seperti timbul, besi, timah, dan sebagainya.Lavoisier menarik kesimpulan bahwa pembakaran ada sesuatu zat diambil dari udara. Mendasar pada penemuan ini Lavoisier membakar air raksa dengan udara dengan volume tertentu mendapatkan serbuk merah sedang volume udara berkurang sebanyak apa yang didapatkn kembali bila serbuk merah itu dipanaskan.Dari pengamatan itu Lavoisier mengenal adanya suatu zat yang terdapat diudara  yang bersenyawa air raksa,zat itu di sebut oksigen.

Sehingga menyimpulkan bahwa pembakaran adalah suatu peristiwa bersenyawa dengan oksigen dari udara.Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan nenounyai berat,mempunyai sifat dapat dirasai oleh pencaindra.Dapat kita lihat air, dapat kita rasai angin dapat kita rasakan garam dan dapat mencium minyak wangi kesemunaya ini adalah materi.Materi dan energy sangat erat hubungannya .Besar kecilnya  materi dalam suatu benda menentukan besar kecilnya massa benda tersebut.Massa jenis tiap-tiap materi khas bagi materi itu.Pembakaran kayu bakar misalnya selaku materi  akan menghasilkan gas,asap abu.Massa kayu bakar dan oksigen yang menyertai pembakaran tersebut adalah sama dengan massa gas,asap abu hasil pembakaran tersebut,kenyataan ini di kenal dengan hokum kekekalan materi untuk kekekalan massa.
Peranan matematika pada perkembangan Kimia dan IPA pada umumnya .Sebagai pengetahuan eskak kimia tergantung pada bilangan-bilangan pada aspek-aspek teoritis maupun praktis. Berat atom (BA), berat rumus (BR) atau berat molekul (BM), Hukum perbandingan tetap,hokum kelipatan dan penyempurnaan persamaan reaksi memerlukan hubungan matematika.Dengan demikian kedudukan matematika adalah sangat penting karena sangat menujang kemajuan perkembangan IPA.
2). Perkembangan Ilmu Kimia Ditinjau dari Ilmu Pengetahuan Modern
      Masyarakat primitive tak bisa mengatasi kekuatan-kekuatan alam yang membawa bencana seperti wabahpenyakit, gempa, banjir, dan sebagainya, sehingga sesuatu yang menurut perkiraan penyebabnya di puja dengan harapan jangan sampai bencana itu terulang.
    Pada abad pertengahan, sikap  yang demikian itu beralih kepada mistik.Para ahli kimia dalam hal ini juga beranggapan bahwa dengan kekuatan gaib sepert tembaga misalnya dapat diubah menjadi emas.Sesuatu penemuan pada zaman itu umumnya dia bisa diterima pada generasi berikutnya sehingga pengetahuan yang mereka peroleh tidak memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu kimia.
Baru pada akhir abad ke-17 ilmu kimia berkembang sebagai suatu pengetahuan setelah seorang Antoine lauzent Lavoisier lewat metode yang kini dikenal sebagai:“Metode ilmiah”  yakni metode dengan pengamatan-pengamatan, menghubungkan kenyataan-kenyataan,mengemukakan perkiraan, menguji perkiraan dengan percobaan selanjutnya dan akhirnya menarik kesimpulan. Dengan hal ini Lavoisier melakukan penyelidikan secara kuantitatif pembakaran zat-zat seperti timbul, besi, timah, dan sebagainya.Lavoisier menarik kesimpulan bahwa pembakaran ada sesuatu zat diambil dari udara.
Mendasar pada penemuan ini Lavoisier membakar air raksa dengan udara dengan volume tertentu mendapatkan serbuk merah sedang volume udara berkurang sebanyak apa yang didapatkn kembali bila serbuk merah itu dipanaskan.Dari          pengamatan itu Lavoisier mengenal adanya suatu zat yang terdapat diudara  yang bersenyawa air raksa,zat itu di sebut oksigen. Sehingga menyimpulkan bahwa pembakaran adalah suatu peristiwa bersenyawa dengan oksigen dari udara.Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan nenounyai berat,mempunyai sifat dapat dirasai oleh pencaindra.Dapat kita lihat air, dapat kita rasai angin dapat kita rasakan garam dan dapat mencium minyak wangi kesemunaya ini adalah materi.Materi dan energy sangat erat hubungannya .Besar kecilnya  materi dalam suatu benda menentukan besar kecilnya massa benda tersebut.
Massa jenis tiap-tiap materi khas bagi materi itu.Pembakaran kayu bakar misalnya selaku materi  akan menghasilkan gas,asap abu.Massa kayu bakar dan oksigen yang menyertai pembakaran tersebut adalah sama dengan massa gas,asap abu hasil pembakaran tersebut,kenyataan ini di kenal dengan hokum kekekalan materi untuk kekekalan massa. Dengan mengunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan tersebut kita dapat memperoleh hasil,misalnya :
•    Pengunaan teknik kimia, orang dapat mendirikan industry kimia dasar yang dapat menghasilkan bahan-bahan dasar untuk keperluan industry  lain seperti asam sulfat,asam nitrat,asam klorida asam cuka dan lain-lain;
•    Penggunaan teknik nuklir
•    Pengunaan teknik mekanik
•    Pengunaan teknik penerbangan telah demikian  pesat, dari pesawat terbang yang sederhana  sampai pesawat terbang mutakhir/pesawat ruang angkasa dapat dibuat oleh para ahli;
•    Pengunaan teknologi hutan 
   Namun demikian manakah yang dipentingkan lebih dahulu,teori atau eksperimen? Ilmu Pengetahuan Alam modern lebih menekankan teori yang mendahului eksperimen.contoh: teori relativitas Einstein (1905)  yang menyatakan hubungan kesetaraan antara massa dengan energy, disusun lebih dahulu baru kemudian diciptakan eksperimen sehingga diketemukan tenaga nuklir.Dengan demikian  IPA modern lebih menekankan  kepada masalah melihat masa depan dan berusaha untuk meramalkan gejala-gejala baru secara ilmiah.
 Ciri Ilmu Pengetahuan Alam modern yang lain adalah bahwa hukum sebab-akibat yang memberikan kepastian mutlak, bersifat deterministic mulai ditinggalkan. Diganti denganpendekatan statistika yang memberika sifat probabilitas. Dengan hokum statistika ini dapat memberikan keterangan tentang kemungkinan terbesar atau mendekati kebenaran mutlak dari gejala yang dipermasalahkan.
    Keuntungan dari IPA yang dinamis adalah perkembangan IPA yang pesat sehingga dlam janga waktu 10-15 tahun pengetahuan IPA telah menjadi lipat dua.Namun demikian hasil Ilmu Pengetahuan Alam  yang banyak ini bila tidak diarahkan pemanfaatannya justru akan merugikan manusia,bahkan dapat menghancurkn peradaban manusia manusia itu sendiri.
  Pada dasarnya hasil-hasil Ilmu Pengetahuan Alam memang bersifat netral, tetapi pemanfaatanya yang tidak terarah dan tidak terkendali oleh nilai-nilai kemanusiaan adalah sangat berbahaya.Jadi perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam yang dinamis ini disamping banyak memberikan keuntungan juga membawa resiko.Agar resiko sekecil-kecilnya maka arah perkembangan IPA dan pemanfaatanya hasil IPA harus dilandasi oleh nilai-nilai kemanusiaan yang luhur.
3).  Perkembangan Ilmu Kimia Ditinjau dari Islam
 Tujuan pembangunan dalam era tinggal landas adalah meningkatkan kualitas manusia Indonesia.dengan kata lain manusia Indonesia dibina dari manusia tradisional untuk diubah menjadi manusia modern.
  Manusia tradisional ialah manusia dengan kemampuan yang masih terbatas sehingga interaksinya dengan linggkungan hidupnya bersifat searah. Jadi hanya mengambil yang disediakan,oleh lingkungan hidupnya.Sebaliknya manusia modern mempunyai ciri-ciri mampu mengoptimalisasi segi positif lingungan hidupnya, menghindari segi negatifnya dan mampu mengubah lingkungan hidupnya sehingga intraksi berjalan lebih mudah dan lebih menguntungkan.Sementara itu ,bersama dengan perubahan manusia Indonesia, terjadi pula perubahan dari peran sumber daya alam.Dahulu bahan yang diperoleh dari alam langsung dijual, misalnya minyak mentah,kayu gelondongan dan rotan gulungan.
Dewasa ini bahan yang diperoleh dari alam diproses terlebih dahulu sehingga terjadi pertambahan nilai.  Dalam era indutrialisasi nanti diperlukan kemamouan manusia yang lebih unggul. Keungulan manusia ini adalah hasil penggunaan akalnya yaitu melalui pengguasaan IPA dan teknologi. Dengan demikian , peran IPA dan teknologi akan meningkat dlam oreoses industrialisasi yang akhirnya bertujuan untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia. Dalam proses industrialisasi IPA dan teknologi memegang peran utama atau lebih tepat yang paling menentukan.
    Alkimia dan kimia
  Istilah alkimia dan kimia berasal dari bahasa arab,al-kimiya’.Terjadi perdebatan tentang penambahan awalan al pada kata asli kimiya.Sebagian besar menganggap itu adalah kata dalam bahasa mesir yang berarti tanah hitam diantara dua sisi sungai Niil yang dimuntahkan kluar ketika airnya melimpah, dam mengendapkan sedimenya yang begitu kaya sehingga memudahkan pemetikan pada kedua sisis sungai tersebut.Sementara  kata kimianya’, lebih mengacu pada tanah hitam ini, sains atau seni al-kimia  telah disistematiskan dalam bahasa mesir.Aleksandria,alkemi bukan hanya prakimia alkimia- adalah ilmu tentang material yang juga berhubungan dengan bidang obat obatan .Al-kimia memungkinkan penggunaan material dan mempelajarinya, tetapi sebagian besar dalam kepentingan simbolik mineral dan hubungannya dengan keadaan batiniah jiwa.
     Ahli al-kimia islam pertama yang terkemuka hidup sangat awal dalamsejarah islam dan puncak pengetahuan ilmu ini  pun berkembang bersamanya.Sosok inilah yang diidentikkan dengan alkimia,yaitu Jabir Ibn Hayyan yang hidup pada abad islam kedua. Dia berasal dari khurasan dan juga karena dari kufan, maka beliau di panggil Al-thusi dan Al-kufi. Lebih jauh lagi, beliau adalah murid Imam Ja’far    Al-Shadiq Jabir menulis sejumlah karya tentang berbagai sains tetapi khususnya tentang alkimia dan yang memantapkan disiplin ini untuk pertama serta selama-lamanya di kalangan islam, menjadi tokoh besar  dalam bidang ini sepanjang sejarah islam.
     Sosok kedua dalam alkimia adalah Muhammad Ibn Zakariyya’ Al-Razi, dokter dan ahli al-kimia terkemuka yang hidup pada abad islam ketiga, yang berlandaskan pada karya jabir secar berangsur-angsur memisahkan kimia dari al-kimia. Dia merumuskan ilmu  substansi tanpa kepentingan batin,simbolik dan spiritual yang selalu di tekankan dalam alkimia.
   Banyak ahli kimia berikutnya yang penting seperti: Al-Iraqi, Al Majriti dan Al-Jaldaki yang semuanya terkenal dan masih banyak alhi al-kimia lainya yang karya-karyanya tidak di pelajari orang.Dalam kasus apapun ,al-kimia  islam adalah bidang yang penting untuk memahami baik aspek-aspek tertentu sains Islam maupun psikologi spiritual tertentu atau ilmu tentang jiwa seperti halnya juga aliran-aliran kosmologi tertentu. Al-Kimia adalah jalan untuk menghubungkan dunia alam pada kekuatan kreatif ilahi yang memerintahkan alam dan mengoperasikanya .Al-Kimia juga jalan yang menghubungkan manusia baik sebagai pengamat maupun pemain dengan dunia alamiah pada tingkat yang lebih dalam dibandingkan fisik dan empiris belaka.

2.    Kehidupan menurut islam
Dalam suasana kemajuan ini pengetahuan dan teknologi dewasa ini,masalah hakikat manusia dan kehidupan semakin sering di bahas.Masalah ini cukup penting,karena merupakan titik tolak dalam pembatasan menyangkut fungsi manusia dalam kehidupan dari hasil pembatasan ini.Kemudian di susun prinsip-prinsip dasar yang menyangkut segala aspek kehidupan manusia:politik,ekonomi,sosial bahkan etika.Dalam arti bahwa bentuk dan system aspek-aspek manusia tersebut harus di tentukan oleh pengertian tentang hakikat manusia,atau bersumber darinya.Kalau tidak demikian system-sistem tersebut akan gagal.
Pentingnya pembahasan ini lebih terasa lagi setelah di sadari bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi belum dapat menjamin kebahagiaan selama nilai-nilainya tidak tunduk di bawah nilai-nilai spiritual.Di samping kenyataan hidup tentang manusia yang merupakan mahluk multi kompleks baik dari segi fisik maupun psikis sehingga pengetahuan manusia tentang dirinya masih sangat minim di bandingkan dengan kemajuan yang telah di capai di bidang ilmu pengetahuan yang lain.
Pada hakikatnya kebanyakan  pertanyaan yang di ajukan oleh mereka yang mempelajari manusia,diri mereka sendiri,hingga kini masih tetap tanpa jawaban.Karena terdapat daerah-daerah yang tidak terbatas dalam batin kita yang tadak kita ketahui.
Alexis Carrel telah memberikan contoh mengenai hal-hal yang tidak di ketahui itu,kemudian mempertanyakan mengapa pengetahuan kita tentang manusia masih dalam tahap permulaan?.apakah hal ini di sebabkan oleh suatu halangan sementara?
Menjawab pertanyaan di atas secara panjang lebar membuktikan bahwa ada 3 faktor yang menjadikan pengetahuan kita tentang hakikat manusia sangat terbatas di bandingkan pengetahuan kita di bidang-bidang lain. ketiga faktor itu adalah: pertama, pembahasan tentang masalah manusia terlambat dilakukan. kedua, ciri khas manusia yang lebih cenderung memikirkan hal-hal yang tidak kompleks ini di sebabkan sifat akal kita itu sendiri. Seperti yang di nyataka oleh Bergson yaitu tidak mampu mengetahui hakikat hidup. Ketiga, multi kompleksnya  masalah manusia.
Kedua facktor yang di sebut terakhir,menurut Alexis Carrel adalah factor-faktor permanen,sehingga tidak berlebihan jika kita mengambil kesimpulan bahwa setiap orang terdiri dari iring-iringan bayangan di mana di tengah-tengahnya berjalan suatu hakikat yang tidak di ketahui
Ini berarti bahwa untuk mengungkapkan secara jelas dan tepat tentang hakikat manusia masih di butuhkan waktu serta penyelidikan  yang sungguh-sungguh dari segi pandangan ini  seseorang yang beragama dapat di katakan bahwa untuk mengetahui hal tersebut  secara pasti di butuhkan pengetahuan yang bersumber dari yang maha mengetahui atau yang di sebut dengan istilah divine revelation.Namun demikian,ada suatu prinsip pokok yang di sepakati para cendekiawan dalam berbagai di siplin ilmu.Prinsip tersebut adalah bahwa di saat kita tidak/belum mampu untuk mengetahui hakikat sesuatu maka wajar dan lebih berguna untuk beralih dari pembahasan mencari fenomena atau hakikat itu pada pembahasan tentang fenomena yang menyangjut masalah-masalah tersebut.
Para ahli fisika,ketika berusaha untuk mengetahui hakikat cahaya hingga kini gagal mengetahuinya,tidak tinggal diam pada titik kegagalan tersebut,tetapi beralih untuk membahas fungsi ,ciri-ciri khas dan potensi yang terdapat pada cahaya.Dari titik tolak itu,merka membangun suatu ilmu yang memberikan sumbagan yang tak ternilai kepada manusia . ilmu tubuh manusia (anatomi) dan ilmu kedokteran ,seandainya berusaha mengetahui hakikat manusia,pasti tidak dapat menyumbangkan baktinya guna pengobatan dan pencegahan penyakit.
3. Fisika Dan Perkembangannya
Ilmu mulai berkembang pada maa kejayaan Bangsa Babilonia. Perkembangan ilmu pada masa itu mulai berkembang dengan cara pengamatan, penglihatan dan pemikiran yang terbatas serta dilengkapi dengan mitos. Tidak berhenti sanpai disitu, Bangsa Yunani selangkah lebih maju dalam menganalisa suatu persoalan dan mengambil kesimpulan. Pada zaman Yunani, pengetahuan didapat dengan menggunakan pengamatan menggunakan alat yang didasarkan pada pemikiran Rasional.
    Fisika, sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan modern juga mengalami berbagai mcam perkembangan menjadi beberapa disiplin ilmu yang baru. Diantaranya, astronomi, ilmu alam, ilmu optic dan menaralogi.
1). Astronomi (Perbintangan)  
Dalam bidang astronomi ini banyak ilmuan-ilmuan muslim yang berjasa dengan peninggalan-peninggalan berharga mereka. Bintang-bintang temuan mereka masih dikenal oleh bangsa barat dengan nama-nama arabnya. Ibnu Rusyd sebagai salah satu tooh astronomi telah mengenal tempat-tempat di permukaan matahari. Umar Al Khayyam telah memperbarui penanggalan yang lebih cepat dibandingkan penanggalan Gregorian. Orang-orang arab badui sebelum islam telah mengembangkan  observasi-observasi perbintangan yang sangat tepat. Tidak hanya untuk perjalananperjalanan malam mereka di gurun pasir sajatetapi juga untuk ilmu hujan, cuaca dan sebagainya.
Banyak juga observatorium yang muncul dimana-mana. Pada masa Kholifah Al-Ma’mun, lingkaran bumi telah diukur dengan hasil ketepatan yang mengagumkan.banyak juga karya-karya dahulu yang pernah dikumpulkan. Karya-karya tersebut menyinggng tentang air surut dan air pasang, fajar, senjakala pelangi, lingkaran cahaya disekeliling matahari dan bulan dan pergerakan-pergerakan mereka.
2). Ilmu Alam
Sifat khas dari aspek ilmu islam ini adalah tekanan diberikan pada percoban dan penelitian tanpa prasangka.cara arab sangat unik dan ajaib. Para pengarang mulai mempelajari ilmu-imu mereka dengan mempersiapkan kamus-kamus dengan menggolongkan istilah-istilah teknis yang didapatkan dari bahasa mereka sendiri. Dengan kesabaran luar biasa, mereka membongkar kitab puisi dan prosa untuk mengumpulkan istilah-istilah dengan kutipan-kutipan yang berguna dalam masing-masing cabangnya sebagaimana anatomi, zoology, astronomi mineralogy dan sebagainya.
Kata-kata yang dipergunakan dalam bootani sangatlah has.kecuali untuk nama-nama tumbuhan tertentu yang tidak tumbuh dalam kerajaan islam. Seseorang telah mendapatkan istilah-istilah husus dalam bahasa arab. Encyclopaedia botanica susunan Ad-Dinawari  telah disusun sebelum   penerjemahan pertama dalam bahasa arab.
Menurut pendapat Silberberg :
“ Sesudah 1000 tahun mempelajarinya, ilmu tumbuh-tumbuhan  Greek mengambil lagi hal- hal dalam karya-karya Dioscorides dan Theophrastus, tetapi karya orang yang pertama sekali, yaitu Ad-Dinawari, tentang subjek ini jauh melebihi mereka didalam keadaan dan keluasan. Ad-Dinawari menentukan tidak hanya keadaan luar masing-masing tumbuh-tumbuhan, tetapi juga khasiat-khasiat pencernaa, pengobatan mereka dan lainnya; dia menggolong-golongkan hal tersebut, berbicara tentang tempat tinggal asli mereka, dan perincian-perincian lain.”
Ilmu kedokteran juga telah membuat kemajuan luar biasa di bawah orang-orang islam, di dalam cabang-cabang anatomi, pharmacologi (ilmu khasiat obat), organisasi rumah-rumah sakit dan latihan para dokter yang telah ditaklukan kepada suatu pengujian sebelum diberi kekuasaan untuk mulai praktek. Mempunyai perbatasan-perbatasan umum dengan Byzantium, India, Cina, dan sebagainya, keahlian dan ilmu kedokteran islam telah menjadi suatu perpaduan dari ilmu kedoteran dunia; dan juga pengetahuan kuno telah ditaklukan kepada percobaan dan pengujian, sumbangan-sumbangan asli yang baru juga telah dibuat. Karya-Karya Razi, Ibnu Sina, dan lain-lainnya sampai sekarang tetap menjadi dasar dari semua pelajaran kedokteran juga di Barat. Kita mengetahui sekarang bahwa kenyataan dari peredaran darah juga telah dikenal mereka.
3). ILMU OPTIK (PENGLIHATAN/MATA)
Ilmu ini terutama berutang budi kepada orang-orang islam. Kita mempunyai buku tentang sinar-sinar oleh al-kindi (dari abad ix), yang telah jauh lebih maju daripada pengetahuan greek tentang kaca-kaca pembakar. Ibnu al-haitam (alhazen, 965 m), yang mengikutinya, patut dihadiahi suatu kemasyhuran terakhir. Al-kindi, al-farbi, ibnu sina, al-biruni, dan lain-lainnya, yang merupakan wakil-wakil dari ilmu islam, tidak menyerahkan tempat mereka kepada seorang pun di dalam sejarah dunia tentang ilmu-ilmu.
4). Meneralogi, ilmu mekanik (pesawat) dan sebagainya.
Ini telah menarik perhatian orang terpelajar, kedua-duanya dari segi pandangan kedokteran. Untuk membedakan batu-batu berharga, ilmu-ilmu  tersebut banyak dicari oleh para raja dan orang-orang kaya lain. Karya-karya Al-Biruni dapat dipergunakan didalam lapangan ini.
Ibnu Firnas (wafat tahun 888 M) telah menemukan suatu alat, yang dengan alat itu dia terbang pada suatu jarak yang jauh. Dia meninggal dunia didalam suatu kecelakaan, dan tidak meniggalkan pengganti untuk meneruskan dan menyempurnakan pekerjaan. Yang lain-lain telah menciptakan alat-alat mekanis untuk menggambarkan perahu-perahu yang ditenggelamkan, atau menarik keluar tanpa kesukaran pohon-pohon dalam ukuran yang sangat besar.





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
    Pada hakekatnya alam yang ada didunia ini diciptakan masing-masing  mempunyai peranan yang saling berhubungan satu dengan yang lainya, manusia menjadi factor yang paling dominan yang mempengaruhi kehidupan alam semesta ini,namun juga tidak terpungkiri begitu telah banyak kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh manusia,masalah-masalah seperti kemiskinan ,keterbelaakngan ,kepadatan penduduk serta teknologi yang telah begitu banyak mempermudah kehidupan manusia juga dampak negatif yang tidak sedikit. Untuk mengatasi itu sebagai seorang muslim yang telah diama-nahi oleh Allah sebagai kholifah dibumi kita harus sadar tentang perlunya kelestarian lingkungan ,dan itu bisa dicegah dengan kita telah mempunyai sifat-sifat dasar yang positif seperti apresiatif ,kreatif ,proaktif dan produktif.
B.    Saran
    Untuk menjadikan lingkungan hidup ini tidak rusak dan kembali lestari bukan hal yang mudah dibutuhkan semua pihak dapat bekerja sama baik masyarakat maupun pemerintah dan semua aspek yang berkaitan dengan lingkugan, dibutuhkan kesadaran masing-masing agar bumi kita bisa kembali hijau seperti sedia kala.Maka dari itu sekarang sudah banyak yang mengalangkan untuk hemat energy,gerakan menanam pohon, dan yang lagi ‘in’ saat ini adalah bersepeda.Dari semua seruan di atas alangkah indahnya bila kita ikut berpartisipasi.Demikian lah makalah ini kami buat, masih banyak sekali kekurangan-kekurangan dalam makalah ini. Dan akan lebih perfect lagi jika para pembaca mau memberikan masukan dan kritik yang membangun. Agar di kemudian hari makalah yang kami buat lebih memuaskan para pembaca.



DAFTAR PUSTAKA

Azzein.wordpress.com
Ghaali, ma, dr. m. Bahri, lingkungan hidup dalam pemahaman islam,Jakarta : pedoman ilmu jaya,1996
Jasin,drs. Maskoeri, ilmu alamiah dasar, Jakarta : pt.raja grafindo persada, 2002
Mas’ud,Drs.H.Ibnu,Drs.Joko Prayono,Ilmu Alamiah Dasar:Pustaka Setia
Purnama,ir heri, ilmu alamiah dasar,Jakarta : pt rineka cipta, 2003.




                           


Description: Makalah IAD. Rating: 4.5 Reviewer: Fauzul Gufron ItemReviewed: Makalah IAD.
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Sabtu, Februari 16, 2013

0 komentar

Poskan Komentar