mau dapetin informasi tentang dunia kesehatan, makanan yang bergizi disini tempatnya,,,,!!!!

Tips Kamar Anak

Tips Kamar Anak
Funitur anak
Isi kamar tidur anak dengan berbagai furnitur khusus untuk anak-anak, mulai dari tempat tidur, lemari/laci pakaian, sampai meja belajar untuk memudahkannya menyimpan dan mengatur barang-barangnya. Furnitur untuk orang dewasa biasanya terlalu kaku dan ''tidak ramah anak''

Sebaiknya, pilih furnitur sesuai dengan tema kesukaan anak, misalnya yang bergambar tokoh kartun atau pahlawan super kesayangannya. Pilih laci pakaian yang rendah sebagai tempat menyimpan baju, rok, celana, kaus kaki, dan pakaian dalam anak. 
Sediakan pula kontainer sebagai tempat menyimpan berbagai mainan sang buah hati.

Selain itu, boleh juga membuatkan rak khusus sebagai tempat menaruh koleksi boneka atau mobil-mobilan anak, yang mudah dijangkau (tidak terlampau tinggi dari lantai). Agar pakaian kotor tidak berserakan di mana-mana, sediakan keranjang pakaian sebagai tempat meletakkan pakaian bekas pakai sebelum dicuci.

Menyortir barang
Kamar tidur anak biasanya penuh sesak dengan berbagai barang usang seperti pakaian bekas sampai mainan lama yang sudah tidak lagi dipakai. Jika tidak ada lagi tempat kosong sebagai tempat menaruh barang-barangnya, bagaimana mungkin anak bisa merapikan kamar?

Sortir semua pakaian dan mainan bekas anak, lalu pilih barang apa saja yang masih ingin disimpan dan mana yang tidak lagi diperlukan. Baju-baju dan mainan lama yang sudah tidak terpakai tersebut bisa disumbangkan, atau disimpan di gudang jika Anda berencana memiliki anak lagi.

Caranya, Anda bisa mengidentifikasi suatu barang yang tidak akan mungkin dipakai dalam waktu 6 bulan misalnya, maka barang tersebut sudah bisa dikategorikan layak masuk gudang.

Membuat label

Tempelkan label pada setiap kotak, laci, atau kontainer untuk menunjukkan barang apa saja yang tersimpan di dalamnya.
 Untuk memudahkan pelabelan, kelompokkan benda-benda sesuai kategorinya, misalnya kelompok celana, kaos, kemeja, rok, pakaian dalam dan kaus kaki, alat tulis, mobil-mobilan, boneka, dan aksesori. 
Jika anak masih balita dan belum bisa membaca, Anda bisa menggunakan komputer untuk membuat label berupa gambar barang yang dimaksud dengan warna-warni yang menarik sehingga ia mudah mengenalinya.

Peran serta anak

Libatkan anak untuk membantu Anda merapikan kamar tidurnya. Jika anak diajak terlibat dalam aktivitas tersebut, ia akan mengetahui bagaimana cara menjaga kebersihan kamar tidur tanpa campur tangan orang lain di kemudian hari. Jadikan aktivitas tersebut sebagai bagian dari rutinitas. 
Misalnya, anak dibiasakan membersihkan kamar setiap bangun tidur di pagi hari, sehabis bermain, serta sebelum tidur di malam hari.

Description: Tips Kamar Anak Rating: 4.5 Reviewer: fauzulonline ItemReviewed: Tips Kamar Anak
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Januari 15, 2013

0 komentar

Posting Komentar