mau dapetin informasi tentang dunia kesehatan, makanan yang bergizi disini tempatnya,,,,!!!!

Buah Kurma Berkualitas Tinggi




Memilih Buah Kurma Yang Rasanya Manis Dan Berkualitas Tinggi

Buah kurma dikenal dengan kandungan gizi dan manfaatnya yang baik sebagai konsumsi saat berbuka puasa. Kurma mengandung zat besi dan asam folat yang tinggi. Dikenal kandungan gizi dan manfaatnya yang baik sebagai konsumsi saat berbuka puasa.

Namun, tidak semua kurma yang dijualbelikan di pasar berkualitas baik. Bagaimana kita tahu, mana kurma yang baik, dan mana yang kurang baik? Berikut ini ada tips memilih buah asal Timur Tengah itu menurut Prof Dr Hardinsyah, MS, Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.

Ciri buah bernama latin Phonex dactylifera yang baik adalah:

1. Selaput luarnya atau kulit arinya tidak rusak.

Sebelum memilih kurma yang hendak dibeli, perhatikan buah tersebut sudah terkelupas atau tidak, jika sudah terkelupas mungkin bisa disebabkan banyak faktor, terutama banyak jamahan tangan-tangan manusia atau sudah pernah jatuh ketanah yang menyebabkan buah tersebut mudah terkontaminasi yang menggangu kesehatan.

2. Tidak ada pelumuran gula atau madu sehingga tidak lengket saat dipegang.

Kurma yang lengket berarti ada tambahan gula atau madu. Kita semua tentu ingin kurma yang alami tanpa tambahan bahan apapun. Walaupun tambahan madu, tentu para penjual ada alasan dalam menambah madu, mungkin kurma tersebut sudah tidak baik atau ingin mebuat kurmanya semakin manis.

3. Warnanya coklat-merah-kekuningan.

Warna kurma yang terlalu merah sehingga terlihat hitam menunjukkan buahnya kurang baik dan sudah lama.

4. Bentuknya besar, bukan kecil-kecil.

Buah kurma yang baik adalah besar bukan kecil-kecil. Jika kecil-kecil berarti buah tersebut sudah terlalu lama mengering, memang masih bisa untuk di makan dan tetap sehat buat kita, tapi buah tersebut kurang baik untuk dibeli

5. Dikemas dengan baik.

Perhatikan cara perawatanya, bungkusannya, jangan biarkan buah kurma tanpa di kemas yang baik, terutama yang di beli di pinggir jalan. Debu dan asap kendaraan yang menempel di buah kurma dapat menggangu kesehatan

6. Terdapat izin dari Departemen Kesehatan.

Membeli kurma sebaiknya di tempat-tempat yang bersih, seperti toko atau supermarket, dimana kurma sudah dikemas dengan baik dan ada izin dari Departemen Kesehatan. Membeli kurma di tepi jalan yang biasanya kurma dikemas sembarangan dan disimpan di dalam karung, membuat kurma menjadi berdebu dan kotor. Selain itu kerap terdapat pasir dan potongan serat.




Description: Buah Kurma Berkualitas Tinggi Rating: 4.5 Reviewer: fauzulonline ItemReviewed: Buah Kurma Berkualitas Tinggi
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Sabtu, Desember 01, 2012

0 komentar

Posting Komentar