mau dapetin informasi tentang dunia kesehatan, makanan yang bergizi disini tempatnya,,,,!!!!

Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa, Konsumsi Buah Pepaya

Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa, Konsumsi Buah Pepaya

Puasa sering dijadikan alasan untuk tidak melakukan aktifitas yang produktif, bahkan ada yang seharian tidur melulu dengan dalih tidurnya orang yang sedang puasa dinilai sebagai ibadah. Padahal tidak sesederhana itu maksudnya. Memang sih, dari pada digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat misalnya ghibah/ maksiat, lebih baik tidur saja.

Tidak sedikit orang yangng terjebak dalam pemahaman yanng salah dengan menjejali perut dengan aneka makanan dan minuman di saat berbuka dan makan sahur tanpa memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Seolah melampiaskan dendam kesumat seharian tidak makan dan minum. Banyak yang mengira dengan makan dan minum dalam porsi besar sebagai cadangan energy di siang hari. Hal ini tidak selamanya benar. Apapun yang dilakukan melebihi kapasitas tetap tidak baik. Walhasil, seharian perut terasa kembung, tubuh lemas dan pembawaannya ingin tidur melulu

Memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh.

Secara spesifik,ada menu makanan bermutu yang baik dikonsumsi saat berbuka dan makan sahur. Makanan tersebut harus mengandung semua zat gizi dalam komposisi seimbang dan dalan jumlah yang cukup.

Makanan dengan kandungan glikemik rendah, yakni jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara lambat, tapi bertahan lebih lama yang berfungsi mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

Makanan dengan indeks glikemik rendah antara lain nasi merah, spaghetti, kacang hijau, susu rendah lemak,anggur, apel dan lain-lain, termasuk buah-buahan lokal yang banyak tumbuh subur dipekarangan kita, seperti kelapa,papaya, pisang dan jambu.

Kelapa

Buah kelapa (cocos nucifera) yang sudah tua banyak mengandung kalori dan air kelapa hijau mengandung tanin dan anti racun serta mengandung enzim yang mampu mengurangi sifat racun.. Mengandung vitamin C, Protein, hidar arang, kalsium, mineral dan lemak.

Mineral yang terkandung dalam air kelapa antara lain zat besi, fosfor, glukosa, fruktosa, sukrosa. Kadar air yang terkandung dalam buah kelapa 95,5 gram dalam tiap 100 gramnya.

Pisang

Keistimewaan pisang banyak sekali, antara lain:

    * • Buah pisang masak mengandung dextrose, air, sucrose, zat putih telur, zat tepung, mineral, vitamin dan lemak.

    * • Selain sebagai makanan, pisang juga digunakan sebagai obat, misalnya sakit kuning dan keluarga berencana dengan cara merebus bunga pisang ambon dengan air mendidih, minum airnya sehari dua kali sehari, pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur selama 7 hari berturut-turut setelah haidh.

    * Pisang juga bisa menjadi zat penenang alamiah.

    * • Mengobati diare dan lemah karena kekurangan energy

Pepaya

Siapa tak kenal tumbuhan ini? Tumbuhan dengan nama latin Carca papaya ini mempunyai manfaat luar biasa bagi kebugaran tubuh. Selain sebagai makanan, papaya mempunyai fungsi pengobatan.

• Kandungan papain untuk dalam papaya sangat berguna bagi pencernaan, mengandung serat, vitamin C dan karoten. Bagi perokok dapat mengurangi resiko kanker paru-paru.

• Mengonsumsi papaya secaa rutin r tiap hari mengurangi resiko kanker usu, kandung empedu, prangkeas dan payudara.

Jambu Biji

Buah jambu biji mengandung vitamin, A, B1,C protein, lemak hidrat arang, fosfot, besi dan air. Jambu bersifat alkalin, sehingga tidak merusak lambung jika digunakan saat perut dalam keadaan kosong. Mengandung mineral dalam kadar yang tinggi serta baik bagi metabolism tulang dan jaringaann limpa.

Kandungan protein, hidrat arang dan vitamin memberikan manfaat kesegaran dan mampu memberikan energy. Menambah stamina dan menambah cairan tubuh.

Keempat macam buah tadi sangat mudah didapatkan dan murah harganya, tapi manfaatnya bagi tubuh sungguh luar biasa.


Description: Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa, Konsumsi Buah Pepaya Rating: 4.5 Reviewer: fauzulonline ItemReviewed: Agar Tetap Bugar Selama Berpuasa, Konsumsi Buah Pepaya
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Selasa, Desember 04, 2012

0 komentar

Posting Komentar