mau dapetin informasi tentang dunia kesehatan, makanan yang bergizi disini tempatnya,,,,!!!!

Marxime

Karl Max 

Karl Heinrich Marx

(lahir di Trier, Jerman, 5 Mei 1818 ± meninggal di London, 14Maret 1883pada umur 64 tahun) adalah seorang filsuf, pakar ekonomi politik dan teorikemasyarakatan dari Prusia.Walaupun Marx menulis tentang banyak hal semasa hidupnya, ia paling terkenalatas analisisnya terhadap sejarah, terutama mengenai pertentangan kelas, yang dapatdiringkas sebagai

"Sejarah dari berbagai masyarakat hingga saat ini pada dasarnya adalah sejarah tentang pertentangan kelas"
, sebagaimana yang tertulis dalam kalimat pembukadari Manifesto Komunis.Teori ini merupakan dasar teori komunisme modern. Teori ini tertuang dalam buku Manisfesto Komunis yang dibuat oleh Marx dan Friedrich Engels. Marxismemerupakan bentuk protes Marx terhadap pahamkapitalisme. Ia menganggap bahwa kaumkapital mengumpulkan uang dengan mengorbankan kaum proletar.
 Kondisi kaum proletar sangat menyedihkan karena dipaksa bekerja berjam-jam dengan upah minimum sementarahasil keringat mereka dinikmati oleh kaum kapitalis. Banyak kaum proletar yang harus hidupdi daerah pinggiran dan kumuh. Marx berpendapat bahwa masalah ini timbul karena adanya"kepemilikan pribadi" dan penguasaan kekayaan yang didominasi orang-orang kaya. Untuk mensejahterakan kaum proletar, Marx berpendapat bahwa paham kapitalisme diganti dengan paham komunisme. Bila kondisi ini terus dibiarkan, menurut Marx kaum proletar akanmemberontak dan menuntut keadilan. Itulah dasar dari marxisme.Marx sering dijuluki sebagai bapak dari komunisme yang berasal dari kaumterpelajar dan politikus. Ia memperdebatkan bahwa analisis tentang kapitalisme miliknyamembuktikan bahwa kontradiksi dari kapitalisme akan berakhir dan memberikan jalan untuk komunisme.

Di lain tangan, Marx menulis bahwa kapitalisme akan berakhir karena aksi yangterorganisasi dari kelas kerja internasional. ³Komunisme untuk kita bukanlah hubungan yangdiciptakan oleh negara, tetapi merupakan cara ideal untuk keadaan negara pada saat ini. Hasildari pergerakan ini kita yang akan mengatur dirinya sendiri secara otomatis.Komunismeadalah pergerakan yang akan menghilangkan keadaan yang ada pada saat ini.´

Bagi Marx, struktur sosial tidak tercipta secara acak. Ia berpendapat terdapat polayang cukup pasti dalam hal cara masyarakat di berbagai tempat di dunia, pada berbagai masadalam sejarah, mengorganisasi produksi benda-benda material. Teori tentang sejarah danmasyarakat ini disebut
materialisme historis.

Unsur-unsur yang dapat diidentifikasi sebagai berikut :Pertama, semua masyarakat yang ada kini atau ada sejak dahulu hingga kinimenunjukkan salah satu dari lima cara mengorganisir produksi.
 Cara-cara memproduksi inidisebut Marx sebagai
mode produksi.

Kelima mode (secara urut) adalah komunis primitif,kuno, feodal, kapitalis,dankomunis.
 Kedua, terpisah dari mode produksi pertama dan terakhir ± yakni mode komunis primitif dan komunis  setiap mode memiliki satu kesamaan ciri khas, yaitu produksi bendamaterial itu berbasis
kelas.

Meskipun istilah ³kelas´ memiliki kegunaan yang berbeda dimana saja dalam sosiologi (dan dalam segala macam penggunaan dalam pembicaraannya) penggunaan Marxis cukup spesifik. Menurut Marx, pada semua masyarakat non-komunis  pada mode kuno, feodal dan kapitalis  hanya ada dua kelas yang penting. Ada kelas yangmemiliki sarana produksi  ini menjadi harta kekayaan mereka  dan ada kelas yang tidak memiliki.Semua mode non-komunis mempunyai kesamaan produksi barang-barang denganmenerapkan dominasi dan eksploitasi suatu kelas terhadap kelas yang lain. 
Yangmembedakan dalam setiap kasus adalah siapa anggota kelas tersebut. Setiap mode produksinon-komunis memiliki kelas dominan, yang memiliki kekayaan, yang berbeda; demikian pulakelas subordinat, yang dieksploitasi, yang tidak memiliki kekayaan, yang berbeda pula.Selanjutnya, setiap mode tumbuh untuk menyebabkan kematian mode yang lain.(1)

Mode produksi kuno yakni pada masa ini terdapat kelas dominan
majikan
dan kelassubordinat yaitu
budak
. Produksi terjadi dengan menggunakan tenaga manusiasecara paksa, karena mereka dimiliki sebagai kekayaan oleh sebagian orang.(2)

Mode produksi feodal, kelas dominan ini mengontrol tanah, dan mereka disebut
tuan tanah
. Sedangkan kelas subordinat menjadi
 pelayan.
Produksi terjadi denganmenggunakan tenaga kerja orang-orang yang bekerja agar tetap hidup belaka.(3)

Mode produksi kapitalis, memiliki karakter kelas yang baru. Tenaga kerja dari suatukelas pekerja yang tak memiliki tanah ± kaum
 protelr
dapat dibeli oleh kelasmajikan yang memiliki segalanya, yang oleh Marx disebut kaum
borjuis


Komunisme masa kini menitikberatkan empat ide:(1) Sekelumit kecil orang kaya hidup dalam kemewahan yang berlimpah, sedangkankaum pekerja yang teramat banyak jumlahnya hidup bergelimang papa sengsara.(2) Cara untuk merombak ketidakadilan ini adalah dengan jalan melaksanakan sistemsosialis, yaitu sistem di mana alat produksi dikuasai negara dan bukannya oleh pribadi swasta.(3) Pada umumnya, satu-satunya jalan paling praktis untuk melaksanakan sistemsosialis ini adalah lewat revolusi kekerasan.(4) Untuk menjaga kelanggengan sistem sosialis harus diatur oleh kediktatoran partaiKomunis dalam jangka waktu yang memadai.Tiga dari ide pertama sudah dicetuskan dengan jelas sebelum Marx. Sedangkan idekeempat berasal dari gagasan Marx mengenai "diktatur proletariat." Sementara itu, lamanyamasa berlaku kediktatoran Soviet sekarang lebih merupakan hasil dari langkah-langkah Lenindan Stalin daripada gagasan tulisan Marx.
 Hal ini tampaknya menimbulkan anggapan bahwa pengaruh Marx dalam Komunisme lebih kecil dari kenyataan yang sebenarnya, dan penghargaan orang terhadap tulisan-tulisannya lebih menyerupai sekedar etalasi untuk membenarkan sifat "keilmiahan" daripada ide dan politik yang sudah terlaksana dan diterima.

Sumber :

Plekhanov, G.V.M asalah-M asalah Dasar M arxisme.2007.
Hart, Michael H.eratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah.
1978. JakartaPusat: PT Dunia Pustaka Jaya
Jones, Pip.Pengantar Teori-Teori Sosial.2010. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor
Description: Marxime Rating: 4.5 Reviewer: fauzulonline ItemReviewed: Marxime
Posted by:Mbah Qopet
Mbah Qopet Updated at: Kamis, Agustus 30, 2012

0 komentar

Posting Komentar